Rabu, 27 Mei 2020

PENGANTAR LKP KELAS 7 (LKP 1)


Anak-anak yang terkasih dalam Yesus Kristus, kita semua mengetahui bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling tinggi derajatnya. Manusia diciptakan oleh Allah sungguh berbeda dengan ciptaan yang lain. Manusia  diciptakan menurut gambar dan rupa Allah sendiri, seperti yang difirmankan-Nya dalam Kitab Kejadian: ”Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita. Supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” (Kejadian 1: 26-27).

Manusia diciptakan Allah sungguh berbeda dengan ciptaan yang lainnya, ia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, maka sering kita sebut bhawa manusis diciptakan sebagai citra Allah. Sebagai citra Allah, manusia memiliki martabat yang luhur dibandingkan dengan ciptaan yang lain. Ia diberi anugerah akal budi, hati nurani dan kehendak yang bebas. Dengan anugerah itu, maka manusia  dapat secara sadar mengenal, menyembah, memuji dan mengabdi kepada Allah, penciptanya.

Sebagai citra Allah, manusia diberi kuasa yang sekaligus diberi tugas oleh Allah. Tugas tersebut adalah untuk berkuasa atas makhluk-makhluk ciptaan yang lain, bukan untuk menghancurkan melainkan untuk memanfaatkan, mengatur, memelihara dan mengembangkannya demi kemuliaan Allah dan kesejahteraan bersama. Jadi, manusia sudah semestinya mengarahkan hidupnya dan seluruh ciptaan kepada Allah Sang Pencipta, Sang Pemberi Hidup.

Apa makna dari citra Allah? Apa tugas manusia sebagai citra Allah? Dan apakah perilaku manusia sudah benar-benar menunjukkan jati dirinya sebagai citra Allah?  Inilah yang akan kalian dalami bersama dalam tema pelajaran kita hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar