Minggu, 27 November 2011

MODUL PAK SD DAN SMP DARI KOMDIK KEUSKUPAN BOGOR


Teman-teman yang terkasih, Komisi Pendidikan Keuskupan Bogor pada tahun 2007, mendapat banyak keluhan dari para Guru yang beragama Katolik dan berkarya di Sekolah Non Katolik. Keluhan yang mereka sampaikan yang paling menyentuh adalah, mereka diberi tanggung jawab untuk mengajar Pendidikan Agama Katolik bagi siswa-siswi disekolahnya yang memang tidak ada guru Agama Katoliknya. Mereka bersedia mengajar, namun memiliki banyak kendala terutama tentang materi pembelajaran PAK dan mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan katekese. Pada akhirnya Komisi Pendidikan Keuskupan Bogor menangkap keluhan ini dengan mengumpulkan kami para Guru Agama Katolik yang berkarya di Keuskupan Bogor, guna membantu para Guru tersebut. Akhirnya setelah disepakati bersama, kami mencoba untuk semampu kami membuat buku  yang kemudian kami sebut sebagai Modul Pendidikan Agama Katolik. Dengan Modul ini diharapkan paling tidak bisa membantu teman-teman Guru yang beragama Katolik dan diberi tugas untuk mengajar Pendidikan Agama Katolik di sekolahnya, juga untuk membantu para pewarta Lingkungan/ Paroki yang menangani Pendidikan Agama Katolik bagi anak-anak yang bersekolah di sekolah non katolik. Dalam Modul ini, alur/ struktur yang dipergunakan adalah Pertama-tama disajikan Uraian Materi, kemudian pendalaman materi (yang didalamnya termasuk juga bacaan Kitab Suci dan cerita serta pendalamannya) dilanjutkan dengan rangkuman.  Dengan pola seperti itu, diharapkan, uraian materi yang disajikan dalam bab tersebut, minimal dibaca ulang oleh peserta didik sebanyak 3 kali, sebab untuk menjawab pertanyaan dalam pendalaman materi, peserta didik perlu membaca kembali Uraian Materi, dan rangkuman adalah merupakan rangkuman dari pokok-pokok yang ada dalam Uraian Materi. Saya sudah berkomunikasi dengan Sr Marieta, SFS yang menjadi koordinator dalam penyusunan Modul ini, untuk meminta ijin beliau agar kiranya Modul ini dapat saya sharingkan kepada teman-teman guru Agama Katolik, dan beliau menyetujui untuk membagikan Modul ini kepada teman-teman Guru Agama Katolik. Oleh karenanya, berikut ini adalah Modul PAK yang telah kami susun bersama Komisi Pendidikan Keuskupan Bogor. Bagi teman-teman yang berkenan untuk mempergunakan Modul ini sebagai salah satu bahan pengayaan dalam pembelajaran PAK di sekolah, silahkan download link dibawah ini.


Demikianlah hal yang bisa saya sharingkan pada teman-teman Guru Agama Katolik, semoga hal ini berguna. Mohon maaf karena Modul untuk SMA tidak jadi karena kesibukan teman-teman Guru Agama Katolik SMA di Keuskupan Bogor yang pada waktu itu masih memiliki banyak kesibukan, sehingga Modul yang direncanakan tidak bisa diwujudkan.



Syalom

L. Atrik W





Ingin Bisnis Pulsa???  Daftar  GRATIS   Klik DISINI

4 komentar:

  1. Trimakasih...Tuhan memberkati anda

    BalasHapus
  2. makasih Pak,, sangat membantu!

    BalasHapus
  3. INI KISAH NYATA SAYA JADI PNS..!!!!!!!!!

    Bpk AIDU TAUHID.SE.SMi.
    No Hp: 0822-9229-9544.

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia.
    Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat,
    saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 1 Semarang, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk AIDU TAUHID.SE.SMi. beliau selaku (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta..
    Saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk AIDU TAUHID.SE.SMi. No Hp Beliau: 0822-9229-9544.
    Siapa tahu Beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 05 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk AIDU TAUHID.SE.SMi. Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    BalasHapus