Minggu, 06 Oktober 2013

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI




Kurikulum 2013 telah dikumandangkan dan telah dilaksanakan secara terbatas pada sekolah-sekolah yang telah ditunjuk oleh pemerintah mulai tahun pelajaran 2013/2014 ini. Banyak guru yang telah diberi sosialisasi dan bahkan sudah didiklat oleh para instruktur. Namun demikian masih banyak guru yang belum mengetahui secara gamblang Kurikulum 2013 tersebut. Hal ini juga dialami oleh Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Berdasarkan pengalaman beberapa kali menyampaikan sosialisasi Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, banyak dijumpai Guru PAK yang belum mengetahui atau menerima berbagai kelengkapan dari Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.
Oleh karena itu, saya ingin mencoba berbagi dengan teman-teman GAKat tentang materi yang saya sampaikan dalam sosialisasi Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Materi ini mungkin sama atau mungkin juga ada sedikit perbedaan dengan materi yang disampaikan oleh teman-teman  anggota pengembang kurikulum 2013 untuk PAK yang lain,  yang juga mengadakan sosialisasi ke daerah-daerah. Saya berharap perbedaan yang ada bukan untuk dipertentangkan, tetapi untuk saling melengkapi dan saling mengisi.
Segala masukan ataupun usulan dari teman-teman Guru Agama Katolik untuk semakin menyempurnakan materi ini sangat saya butuhkan. Dengan demikian apa yang akan kami rencanakan dalam menyusun kegiatan dan materi pelatihan bagi Guru PAK dapat semakin sesuai dengan yang diharapkan oleh teman-teman Guru Agama Katolik.    
Sekedar informasi pula bahwa pelatihan bagi Guru PAK akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2014 oleh Bimas Katolik Kemenag. Jadi siap-siap saja untuk teman-teman nantinya melaksanakan diklat Kurikulum 2013 untuk Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di tahun 2014.

Berikut silahkan di klik untuk beberapa materi yang saya sampaikan dalam sosialisasi Kurikulum 2013 Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.


Untuk Bukunya, silahkan download di web resmi Kemdikbud. Teman-teman harus mendaftar dahulu dalam web tersebut, sehingga dapat mendownload semua buku BSE yang ada. Alamat linknya klik disini

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman Guru Agama Katolik, semoga bermanfaat.
Selamat melaksanakan tugas perutusan dari Yesus untuk menjadi pewarta kabar sukacita-Nya.


Syalom
L. Atrik W.

2 komentar:

  1. boleh minta kurikulum 2013 ut pendidikan agama Katolik dan budi pekertinya? sangat dibutuhkan

    BalasHapus
  2. Link Kemdikbud-nya tidak bisa dibuka Pak....
    Tolong diperbaiki...

    BalasHapus