Rabu, 01 Agustus 2012

KEGIATAN PELATIHAN AUDIOVISUAL GAKat KEUSKUPAN BOGOR


Pada hari Kamis, 2 Agustus 2012 yang lalu, Komisi Kateketik Keuskupan Bogor mengadakan pelatihan Audiovisual bagi Guru Pendidikan Agama Katolik. Kegiatan ini dilaksanakan diruang pertemuan Gereja Katolik Paroki St. Fransiskus Assisi, Sukasari Bogor. Pelatihan/ belajar bersama ini dihadiri oleh 35 orang Guru PAKat baik tingkat SD, SMP maupun SMA yang berkarya di Keuskupan Bogor. Pelatihan ini dimulai pukul 09.00 dan diakhiri pukul 14.30. Pelatihan ini dibuka oleh Bp. Ignatius Lana selaku wakil ketua KOMKAT Keuskupan Bogor. Pada kesempatan pembukaan ini, Pak Ignas menyampaikan salah satu kegiatan terakhir yang dilaksanakan oleh Komkat adalah pembuatan buku bunga rampai katekese oleh seluruh anggota Team KOMKAT Keuskupan Bogor. Kemudian Romo Dwi Karyanto selaku Ketua Komkat Keuskupan Bogor juga menyampaikan tujuan dari belajar bersama/ pelatihan Audiovisual bagi Guru PAKat ini. 
Saya bersama dengan ibu Ratih, selaku penanggung jawab divisi Audiovisual Komkat Keuskupan Bogor, melanjutkan kegiatan dengan memandu teman-teman GAKat untuk belajar bersama pembuatan Audiovisual dalam Pembelajaran PAKat. Pelatihan ini pertama-tama diisi dengan materi pembuatan media Powerpoint secara sederhana. Hal ini karena permintaan teman-teman bahwa belum semuanya bisa untuk membuat media Powerpoint, sehingga diminta untuk membuat powerpoint dari dasar. Setelah itu dilanjutkan dengan mengevektifkan Powerpoint dengan menggunakan Hyperlink. Pengevektifan Powerpoint dengan Hyperlink ini sangat bermanfaat bagi proses pembelejaran, terutama jika guru ingin mengadakan penilaian dengan menggunakan Quis. 
Berdasarkan masukan dari teman-teman pula, karena banyak teman yang laptopnya belum terinstal Youtube Downloader, maka saya mencoba untuk memberikan salah satu trik bagaimana cara yang menurut saya cukup mudah untuk mendownload video dari Youtube. Materi yang sudah saya persiapkan yang terakhir adalah "Mengedit Video dengan menggunakan Program Windows Movie Maker". Namun karena keterbatasan waktu, dimana beberapa teman masih ada kegiatan lain, termasuk beberapa yang harus berangkat ke Muntilan untuk mengikuti Pertemuan Regio Jawa Komisi PSE, maka materi tersebut tidak jadi kita sampaikan. Namun Powerpoint yang berisi langkah-langkah dalam mengedit video dengan menggunakan WMM, tetap saya upload dalam blog ini dengan harapan teman-teman GAKat dapat belajar sendiri. Mudah-mudahan materi yang saya sharekan ini berguna bagi teman-teman GAkat semua. 

Materi Pelatihan  Audiovisual bagi Guru Agama Katolik dapat di download dan tinggal klik link dibawah ini.


Demikian berita tentang kegiatan KOMKAT Keuskupan Bogor untuk Guru Agama Katolik. Semoga hal ini bermanfaat. Tuhan Memberkati.



Syalom

L. Atrik Wibawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar