Senin, 12 Maret 2012

MEMANFAATKAN ICT DALAM PEMBELAJARAN PAK


Dengan perkembangan ICT yang begitu luar biasa dan juga perkembangan penguasaan materi ICT oleh anak-anak sekolah (terutama) di perkotaan, maka sangat dimungkinkan bahkan sangat dianjurkan untuk pembelajaran PAKat juga  menggunakan sarana ICT tersebut. Berbagai media ICT mampu dan dapat dipergunakan untuk mengefektifkan serta membuat pembelajaran PAKat menjadi lebih menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan jaman. Dalam rangka pemanfaatan ICT dalam kegiatan pembelajaran, maka di sekolah kami hal ini sudah dimulai dan dalam pembelajaran PAKat juga tidak ketinggalan. Dengan menggunakan media internet, anak-anak mampu untuk menemukan materi pembelajaran yang lebih luas jika dibandingkan hanya dengan menggunakan buku pelajaran atau buku teks. Namun demikian, metode pembelajaran yang kami gunakan di sekolah masih belum banyak fariasi. Yang selama ini saya jalankan dalam pembelajaran PAKat misal dengan langkah-langkah:
PERTAMA, guru menyampaikan tema yang akan dibahas, tujuan pembelajaran dan metode yang digunakan
KEDUA, Peserta didik diberi waktu kurang lebih 40 menit untuk (biasanya saya buat dalam kelompok) menemukan  materi yang ditanyakan oleh guru, dari internet,  kemudian mereka membuat laporannya dalam bentuk powerpoint.
KETIGA, Kelompok yang telah menyelesaikan laporannya, diminta untuk mempresentasikan kedepan dengan menggunakan proyektor. (secara bergantian)
KEEMPAT, Guru memberikan tanggapan atas presentasi kelompok dan memberikan masukan-masukan untuk semakin memperkaya materi yang didapat oleh peserta didik.

Hasilnya, mereka ternyata mampu untuk membuat presentasi yang cukup bagus, selain itu rasa percaya diri mereka lebih terbangun dengan seringnya mereka berpresentasi. Dengan mempresentasikan hasil temuan mereka sendiri, mereka merasa bisa lebih lama mengingat materi yang mereka temukan dan mereka presentasikan itu.

Berikut saya sampaikan contoh-contoh hasil dari kerja kelompok dan presentasi mereka (Anak kelas VII) dalam bentuk Powerpoint. Semoga bermanfaat.


Hasilnya mungkin belum sempurna, tetapi menjadikan saya dan anak-anak bangga ketika mereka mampu untuk melakukan itu semua. 

Bagi teman-teman Guru Agama Katolik yang memiliki pengalaman dalam pembelajarannya menggunakan ICT, silahkan saja berbagi kepada yang lainnya. Bisa melalui blog milik pribadinya sendiri atau jika memang ingin berbagi melalui blog saya, silahkan kirimkan materi yang akan di sharingkan ke alamat email saya  di lorensius.wibawa@yahoo.com   atau loren.atrik@yahoo.com.

Terima kasih
Syalom


L. Atrik Wibawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar